Teknologi Laser memberikan manfaat besar pada kehidupan kita, potensi ini pun terus dikembangkan


Sebagai contoh penggunaanmya pada pembacaan barcode, laser dapat membaca kode barcode yang sekarang banyak digunakan pada pertokoan. Para peneliti mengatakan nantinya laser akan menjadi teknologi yang luar biasa..
"Laser memberikan kemampuan lebih dari sekedar sumber cahaya yang besar, bahkan kita belum dapat memahami dan mengacuhkan fenomena pada laser," kata David Hanna, profesor emeritus di Optoelektronik Research Centre, University of Southampton , Inggris. "bahkan teknologi laser ini sangat diluar akal kita nantinya," katanya kepada BBC News.
Banyak perdebatan tentang laser, namun suksesnya teorema Maiman dalam efek berkas cahaya intens yang tak perlu diragukan lagi.
---

(1) lamp melilit , menyimpan energi dalam bentuk cahaya
(2) Atom batang menyerap dan menyimpan energi dari cahaya
(3) Refleksi cermin kemudian memungkinkan sejumlah kecil cahaya untuk bangkit kembali, mengumpulkan sejumlah energi atom yang disimpan
(4) cahaya terpancar berlawanan reflektor, adalah laser yang bersumberdengan energy batang
---

pemotong Laser memberikan banyak energi ke titik yang sangat spesifik

Di Amerika serikat, tepatnya di National Ignition Facility, akan menguji laser dalam intensitas besar yang dipadukan dengan hydrogen, yang akan membuat pembakaran helium, kira-kira mirip dengan panas inti matahari. Wow… panas baget y….
Sedangkan di Eropa peneliti masih mempelajari project “HIPER” proyek sumber energy listrik sebagai modernisasi power plant tuk masa depan.
“sangat mungkin panas yang dihasilkan laser bisa 10 kali panas inti matahari” kata Dr Kate Lancaster from the UK's Central Laser Facility in Didcot
Hmm. Tahukah kamu menurut para ahli, intensitas 10 miliwatt laser sama dengan 10 juta kali dari bola lampu biasa…., bayangkan….aj…..Energy pemanasan fusi laser sangatlah efisien, namun teknologi ini masih perlu banyak penelitian alias baru planning

 Serat laser jauh lebih memungkinkan data ditransfer lebih cepat

Dalam dunia astronomi, laser sudah digunakan untuk mempertajam gambar di dunia teleskop. Dengan memproyeksikan bintang, para ilmuwan bisa mengetahui bagaimana memperbaiki pengamatan mereka untuk distorsi yang disebabkan oleh turbulensi atmosfer.
---

 teleskop terbesar di dunia menggunakan laser untuk mempertajam gambar mereka

Tapi laser juga masih benar-benar baru di astronomi, salah satunya untuk menyelidiki Semesta tanpa perlu mendeteksi cahaya. Laser interferometer ini akan mengukur gangguan dalam ruang-waktu saat bintang-bintang raksasa meledak.

Dan dalam dunia medis, juga kemungkinan tak terbatas.Laser dapat digunakan untuk memanipulasi atom dan molekul, "untuk membuka protein dan DNA", kata Dr Lancaster.
"Laser dapat mempercepat partikel energi tinggi dan kami dapat menggunakannya untuk mengobati kanker," tambahnya.
"Saat ini, dengan memperlakukan kanker dengan radiasi, foton perjalanan ke dalam tubuh dan energi dalam jaringan sehat serta di lokasi kanker.

referensi utama :
news.bbc.co.uk

tambahan :
id.wikipedia.org

1 komentar:

Anonymous said...

Uraian tersebut diatas tak sesuai jika berjudul : " menyimpan cahaya dalam cermin" , akan lebih tepat berjudul: " menghantarkan cahaya dengan cermin".
Fiber obtik bukan bertujuan menyimpan cahaya, melainkan menghantar cahaya agar dapat "dibelok-belokkan" sepanjang fiber optik.
Dalam ruang hampa cahaya merambat lurus, tetapi jika melewati medium yang kerapakannya berbeda cahaya akan "dibelokkan" , dipantulkan, bahkan diuraikan.
TM menyatakan cahaya merupakan fenomena transien, namun dapat menghasilkan photon atau quantum minimalis. Cahaya yang menghasilkan photon apalagi quantum minimalis cepetannya menjadi terbatas c (atau lebih lambat).
Terjadinya photon atau quantum minimalis dapat dijelaskan dengan Teori Gelombang Minimalis, bahkan adanya partikel yang kecepatnnya melebihi c (neutrinnos) dapat dijelaskan dengan Formula Gelombang Som Wyn.
Ingin lebih gamblang akses akungibnu.wordsite.com atau cari dengan google searh "Ringkasan dan rincian Teori Minimalis dan turunannya."

Post a Comment

Search This Blog

Recent Post

Popular Posts