Cara mudah melindungi file-file penting di flashdisk anda dari serangan virus

Mungkin bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam penggunaan flashdisk, sering mengalami kejadian yang terjadi seperti teman saya,teman saya ini bisa dibilang setengah kehidupannya ada di flashdisk, karna dengan flashdisk ia membawa datanya kemana-mana, apa lagi buat ia yang hoby kewarnet, sangatlah rentan virus, mugkin saja buat para ahli bidang komputer hal ini tidaklah jadi masalah,

namun apa yang terjadi apabila file dokumen penting anda diserang virus...?

nah hal ini baru jadi masalah besar, sebut saja virus yang hoby memakan file dokumen anda KSpool dari Variant A-Z, nah apa yang akan dilakukan virus ini apda dokumen anda, virus ini akan mencangkokkan dirinya pada dokumen anda (ex word, excel, powerpoint) dan merubah menjadi file aplikasi, okelah dalam tahap ini belum terjdi hal yang buruk, hal yang buruk akan terjadi ketika antivirus (khususnya import)mendeteksi file anda sebagai virus, tentu antivirus anda akan lebih memilih menghapus file tersebut demi keamanan komputer anda.

nah inilah yang terjadi apada teman saya. akhirnya saya menyarankan membuat folder proteksi file-file pentingnya, dan akhirnya file-file teman saya cukup aman sampai sekarang :
berikut cara membuat folder proteksi file-file penting :
1. file ini tidak bisa dibuat tapi bisa dibuatkan oleh SMADAV (recommended : V.8.xx) nah silahkan download disini:
download smadav terbaru
2. instal antivirus tadi dan connect flashdisk anda
3. buka menu tools/smadlock, centang flash disk anda kemudian lock, setelah selesai tutup/ matikan antivirus tadi.

4. buka flashdisk anda dari window explorer/ maka diflaskdisk anda akan ada folder smad lock yang ada segitiganya.

5. copy folder tersebut sebanyak 4 atau 5, secukupnya

6. rename folder tersebut tapi jagan segitiganya lihat gambar, setelah itu selesai, silahkan copy file anda ke folder-folder yang sudah dibuat


7. file yang ada adalam folder lock ini hanya dapat dibuka atau diakses dengan program-program microsoft (ex: WMP,Microsoft word, excel,serta paint...)maka program lainnya tidak dapat mengakses file dalam folder, begitu juga dengan virus,dan jika anda menggunakan program lain untuk membuka file maka copylah dulu ke luar folder atau program gagal membukanya.
selesai deh.....
semoga atikel ini dapat bermanfaat...



» Read More...

cara mudah mendeteksi virus dengan winrar, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati......;-)

Tulisan ini sangat ditujukan buat teman-temen yang pgen tau dan pgen sedikit memiliki ilmu tentang analisis virus.

emang sih antivirus adalah pertahanan utama dari suatu komputer (kompi), saat flashdisk connect ke CPU, tiiiiiiit....."terdeteksi virus......" kata antivirus, nah hal apa yang akan terjadi jika antivirus tidak mengenali virus tersebut.....? maka tergantung kita, yang jelas jangan pernah sekali-kali doubel klik drive flashdisk di windows explorer, karna jika ada virus autorun, jalan deh virusnya.
----


sebelum membahas cara menggunakan winrar, maka sedikit akan dijelaskan bagaimana cara membedakan virus dengan yang bukan, berikut cara-cara penyamaran virus.......:

1. tehnik penyamaran icon
biasanya virus jenis ini akan meniru ion seperti folder, file microsoft office (doc, xls, docx, xlsx), gambar (Jpeg), bahkan aplikasi (exe).
-----

 ------------------
 nah kita tampilkan ekstensi (ex: exe, doc, xls) pada wi explorer maka :
------------
ternyata viru dengan tehnik meniru icon inipun ketahuan..........

2. tehnik autorun
nah jangan pernah sekali-kali doubel klik pada explorer bagian kanan, krna dapat mengaktifkan virus, disarankan menggunakan winrar, gunakan ninja untuk menghancurkan autorun apapun, download disini :
ninja.rar
3. tehnik injeksi pada file aplikasi
yang ini paling berbahaya, dikira game ...eh malah virus, jika kita tidak merasa mengkopi file ini hapus saja, atau gunakan antivirus seperti ANSAV krna sangat peka terhadap virus injector,

Cara penggunaan winrar...... kemampuan yag tidak dimiliki program sejenis adalah kemampuan menampakkan hidden file, nah inilah dasar kenapa winrar dipilih (ingat winrar bukan mengamankan/melindungi tapi menjadi kacamata kita dalam membedakan virus...jadi jagan jalankan jika anda curiga kepada file tersebut.)

1. ketika kita meng-connect-kan flashdisk, pertama cancel autorun segera jalankan aplikasi winrar

2. pilih drive flashdisk anda.....kan ada namanya tuh....................contoh O:\Black235

disini kita dapat melihat tipe file, ternyata icon folder ini ternyata aplikasi, bahaya klo dioubel klik,
nah disini jika kita menemukan file yang tidak dikenali, klik knan delete aja.....

disini juga jika anda tidak merasa menambahkan file pada flashdisk, dhapus saja, dan jangan lupa, jangan buat flashdisk anda sperti tong sampah yang gx karuan isinya.......make it simple.......buat folder2 khusus seperti documents, music...dll.........
demikianlah tulisan saya semoga bermanfaat........
download winrar disini :
WRAR4.65.zip
download ninja anti autorun disini
ninja.rar

» Read More...

Search This Blog

Recent Post

Popular Posts